Laporan Wisata Edukasi Puspitek Serpong-Skyworld TMII
Dibuat oleh: Ahmad Evander Ruizhi Xavier

Kamis 19 Oktober 2017

Hari ini saya akan mengikuti kegiatan wisata edukasi. Saya masuk ke SMP Labschool Jakarta Pada jam 06:00. Saya datang lebih awal karena saya khawatir akan tertinggal bus. Setelah beberapa menit saya bertemu dengan teman teman saya lalu kami melaksanakan apel pembukaan acara wisata edukasi tersebut.

Setelah apel kami menuju bus. Disana terdapat 6 bus dan bus tersebut dibagi per kelas. Bus tersebut adalah bus Po. Panorama pariwisata. Di dalam bis saya duduk bersama teman saya yang bernama Arif Dhiya Aryaputra (Arya). Dia merupakan salah satu anggota Bismania community. Arya duduk di dekat saya tetapi dia selalu pindah ke depan tangga bus untuk melihat pemandangan dan bus bus lain. Dibelakang saya ada Reisha Adella Risdianto (Reisha). Di sebelah kiri saya ada teman saya bernama Slenggoro Lantip Salim Sufi Assahwan (Lantip). Di belakang Lantip juga ada dua teman baik saya yaitu Ramy Ardya Ramadhan (Ramy) dan Fattan Artha Maulana (Fattan).

Setelah kurang lebih 2 jam kami sampai ke puspitek. Kami turun dari bus lalu kami dibagikan Lembar kerja siswa (LKS) oleh wali kelas kami Pak Kasdi. Lalu kami pergi ke audiotorium untuk menerima sambutan dari pihak puspitek. Saat didalam audiotorium kami mendapat beberapa sambutan dan kami ditayangkan sebuah video yang berisi tentang sejarah puspitek.

Setelah mendapat sambutan dan menonton video kami keluar dari audiotorium dan memasuki bus kembali. Kami pergi ke laboratorium kimia di puspitek. Saat disana kami  berbaris dan bersiap untuk masuk ke suatu ruangan dengan alat alat laboratorium tersebut. Disana kami dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok 1 terdiri dari kelompok 1, 2, dan 3. Kelompok 2 terdiri dari kelompok 4, 5, dan 6. Masing masing kelompok 1 dan 2 pergi ke ruangan yang berbeda. kami diberi penjelasan tentang alat alat disana kami juga mengisi LKS yang telah diberikan oleh wali kelas kami

Setelah beberapa lama di puspitek kami kembali kedalam bus. Sebelum kembali kedalam bus kami berfoto sekelas di depan pusitek. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke TMII. Saat di perjalanan kami diberikan konsumsi yang berupa ayam  KFC. Saat itu juga kami mengganti baju batik kami dengan kaos angkatan 26. Pejalanan kami disambut dengan hujan ringan.

Setelah beberapa jam di perjalanan kami akhirnya sampai di TMII. Saat disana kami melaksanakan ibadah wajib sholat dzuhur berjamaah. Setelah sholat dzuhur kami kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan ke skyworld. Saat di dalam bus teman saya Arya sangat senang setengah mati karena setelah melaksanakan sholat dzuhur dia dapat bertemu dengan salah satu bus impiannya yaitu Satria Muda SCANIA K410IB Opticruise.

Setelah beberapa menit perjalanan kami berkumpul di suatu ruangan dan mendapat sedikit sambutan dari pihak skyworld. Kami juga ditayangkan suatu video tentang planet planet, galaksi, dan alam semesta kita. Setelah beberapa lama menonton video tersebut kami masuk ke dalam skyworld dan melihat semua benda yang ada disana. Kami juga mengerjakan LKS disana.

Disana kami melihat berbagai macam pesawat luar angkasa dan diantaranya ada yang berasal dari Indonesia. Kami juga melihat beberapa astronot luar angkasa salah satunya berasal dari Indonesia. Lalu kami melihat informasi tentang planet palnet di tata surya dengan informasi tersebut kami dapat mengerjakan LKS kami dengan mudah. Disana bahkan ada gambar dan informasi tentang alien dan tokoh tokoh fiksi lainnya.

Setelah mengerjakan LKS dan keliling skyworld kami berbaris dan menunggu giliran untuk menaiki wahana 5 dimensi. Setelah menaiki wahana 5 dimensi kami diberi konsumsi berupa pizza. Setelah menunggu semua murid untuk menaiki wahana 5 dimensi tersebut kami menuju planetarium di skyworld tersebut.

Di planetarium kami melihat keadaan langit dan luar angkasa yang terjadi sekarang juga. Kami juga melihat berbagai macam rasi bintang dan zodiac seperti aries, scorpio, virgo, leo, gemini, dan rasi bintang lainnya. Kami juga ditayangkan sebuah video tentang luar angkasa.

Setelah keluar dari planetarium kami akan menuju museum air tawar dan serangga. Tetapi behubung waktu yang sudah sore dan hujan yang sangat deras perjalanan menuju museum air tawar dan serangga pun dibatalkan. Beberapa teman saya ada yang kecewa karena dia sangat menyukai ikan tapi perjalanan ini dibatalkan karena cuaca dan waktu yang sangat tidak memungkinkan.

Akhirnya kami kembali ke bus untuk pergi ke masjid. Kami akan melaksanakan ibadah sholat ashar dan maghrib. Setelah melaksanakan ibadah sholat ashar dan maghrib kami kembali ke bus untuk kembali ke Labschool.

Saya sangat menyukai perjalanan pulang karena suasana di malam hari yang indah. Saat perjalanan pulang teman saya Aleia Rahmita Wilis (Aleia) memaksa saya untuk menelpon doinya Arifa Jasmin (Arifa). Saya harus berpura pura untuk mengetahui apakah doinya Arifa menjawab teleponnya. Ternyata doinya Arifa menjawab telepon tersebut tapi suara yang terdengar adalah suara bapak bapak. Lalu Aleia tidak bias menahan tertawa jadi dia tertawa terbahak bahak dan membuat rencana telepon ini gagal.

Ditambah lagi saat perjalanan pulang guru kami Pak Kasdi menyanyikan lagu yang sangat indah sehingga membuat semua teman kami bertepuk tangan. Lalu teman teman saya juga ikut bernyanyi Bersama.

Setelah beberapa lama akhirnya kami kembali ke SMP Labschool Jakarta. Saya menunggu dijemput oleh mama saya. Lalu saya dijemput pulang dan istirahat dirumah. Besok kami masuk ke sekolah hanya untuk mengedit video wisata edukasi yang telah dibuat. Wisata edukasi ini adalah kegiatan wisata yang pertama kali kami lakukan di sekolah. Banyak sekali kenangan yang terdapat pada wisata ini terutama kejadian menelpon doinya Arifa. Walaupun tidak jadi ke museum air tawar dan wisata edukasi ini berbeda dari angkatan sebelumnya wisata edukasi ini termasuk wisata terbaik yang pernah saya alami. Terima Kasih kepada guru guru yang telah membuat kegiatan yang sangat menyenangkan ini. Terima kasih kepada semua yang membantu di kegiatan ini. Dan terima kasih kepada teman teman yang membuat wisata edukasi ini menjadi kenangan yang indah.