KARTUL BAB 3

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa:
1. Plastik merupakan bahan polimer yang banyak penggunaannya, mudah didapat dan tentunya lebih murah sedangkan sampah plastik merupakan produk plastik yang sudah tidak digunakan lagi dan dibuang ke lingkungan atau lainnya.
2. Sampah plastik merupakan sampah yang paling membahayakan lingkungan karena materialnya sulit terurai. Selain menganggu kesuburan tanah, dampak dari penanganan sampah plastik yang salah juga berdampak pada kesehatan manusia dan masih banyak kerugian lainnya.
3. Penanganan sampah plastik bisa dengan cara dibakar, di timbun, dibuang ke laut juga dengan cara 3R (Reduse, Reuse, and Recycle). Namun semua cara tersebut ada yang berdampak pada lingkungan dan juga memakan waktu yang lama.
4. Maka dari itu, dari 3 point sebelumnya perlu kesadaran masyarakat untuk melakukan “Diet Plastik” atau dalam hal ini pengurangan pemakaian plastik. Karena jika “Diet Plastik” ini tidak berjalan dengan baik atau kurang sadarnya masyarakat maka banyak dampak negatif dari plastik yang sudah tidak digunakan lagi.`


3.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan:
1. Kepada penulis sendiri
Untuk penulis tersendiri, lebih meningkatkan kemampuan menulis dan memperbanyak pengetahuan tentang menulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lebih banyak mencari wawasan dan refrensi tentang topik yang dibahas.
2. Kepada pembaca
Untuk pembaca karya tulis ilmiah ini agar lebih peduli terhadap lingkungan dan kasus dan dampak dari sampah plastik. Karena sesungguhnya kepedulian sendiri berasal dari kesadaran individu masing-masing. Jika sulit untuk tidak menggunakan plastik, paling tidak mengurangi pemakaiannya.
3. Kepada peneliti selanjutnya
Untuk peneliti selanjutnya, bisa mengamati langsung ke lingkungan atau tempat sekitarnya agar bisa menambah referensi untuk penulisan karya tulis ilmiah nya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARTUL BAB 2

Membuat Video di youtube.com