KARTUL BAB 1

BAB I
PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang
Plastik merupakan barang yang paling banyak digunakan masyarakat karena berbagai hal untuk keperluan sehari-harinya. Misalnya, berbelanja pasti akan membutuhkan plastik untuk barang belanjaan. Bahkan karena seringnya digunakan, plastik seolah-olah telah menjadi sebuah kebutuhan yang harus tersedia di masyarakat. Padahal sebenarnya plastik memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan apabila sudah tidak digunakan lagi, di mana istilah plastik yang sudah tidak digunakan tersebut dikenal dengan sebutan sampah plastik.
Sampah plastik di Indonesia mencapai 5,4 juta ton per tahun. Dari seluruh sampah yang ada, 57% ditemukan di pantai berupa sampah plastik. Sebanyak 46 ribu ton sampah plastik mengapung di setiap mile persegi samudera, bahkan kedalaman sampah plastik di Samudran Pasifik mencapai hampir 100 meter. Selain itu, sampah-sampah juga dihasilkan dari rumah tangga. Limbah dari plastik merupakan masalah yang dianggap serius bagi lingkungan, karena plastik merupakan bahan yang tidak dapat terurai oleh bakteri. Hal ini diulas berdasarkan banyaknya sampah botol plastik yang sulit terurai dan akan semakin banyak jika tidak didaur ulang kembali.
Penanganan limbah plastik yang paling ideal adalah dengan mendaur ulang. Akan tetapi, hal itu tampaknya tidak mudah dijalankan. Proses daur ulang ini memiliki berbagai tahap. Tahapan paling sulit adalah pengumpulan dan juga pemisahan. Kedua tahapan ini akan lebih mudah jika masyarakat disiplin dan juga ikut berpartisipasi ketika mereka membuang sampah. Bila perlu masyarakat mengurangi pemakaian plastik atau yang disebut “Diet Plastik”.
Berdasarkan uraian diatas, penulis akan membagi informasi kepada pembaca mengenai peranan dan akibat dari penggunaan plastik ini.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, penulis akan menjawab dan menjelaskan berbagai pertanyaan yaitu:
  1. Apa yang dimaksud dengan plastik dan sampah plastik?
  2. Apa bahaya sampah plastik terhadap lingkungan?
  3. Bagaimana cara mengatasi sampah plastik?
  4. Apa yang di maksud dengan “Diet Plastik” ini?
  5. Bagaimana cara mengatasinya jika Diet Plastik tidak berjalan?

1.3 Batasan Masalah
Pada karya tulis ini, masalah yang dibatasi yaitu peranan plastik dalam kehidupan sehari-hari khususnya sampah kantong plastik serta akibat dari “Diet Plastik”.

1.4 Tujuan Penulisan
Berdasarkan batasan masalah diatas, tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut:
  1. Mengetahui pengertian dari plastik dan sampah plastik
  2. Mengetahui jenis-jenis sampah plastik
  3. Mengetahui dampak sampah plastik terhadap lingkungan
  4. Mengetahui cara “Diet Plastik”
  5. Memberikan wawasan agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan plastik

1.5 Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan melakukan studi pustaka yaitu dengan membaca buku dan mencari informasi dari internet sebagai refrensi. Selain itu, penulis juga melakukan pengamatan secara langsung terhadap sampah plastik yang ada di lingkungan.






























Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARTUL BAB 2

KARTUL BAB 3

Membuat Video di youtube.com